Sabtu, 26 Maret 2011

Pemprov Ambil Alih Rumentang Siang

BANDUNG, TRIBUN - Pemprov Jabar akan mengambil alih Gedung kesenian Rumantangsiang Jalan Baranang Siang karena dinilai tak terurus dan terbengkalai.

"Pengelolaan Gedung Kesenian sebaiknya dikembalikan pengelolaannya pada  Pemerintah Provinsi Jabar.  Sekarang pengelolaannya oleh PD Jasa Wisata (Jawi) terlihat telantar," ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, seusai membuka Festival Drama Bahasa Sunda ke XI, Selasa (2/3) di Gedung Rumentang Siang.

Menurut Heryawan, jika Gedung Rumentangsiang dikelola Pemprov Jabar bisa menggunakan dana APBD untuk biaya operasional, tapi jika tetap dikelola PD Jawi khawatir lebih rusak karena tak diurus.

"PD Jawi hanya memikirkan profit sementara gedung ini tidak menghasilkan profit jadi tidak diurus," ujar Heryawan.

Heryawan mengatakan Gedung Rumentang Siang memiliki sejarah sejak zaman Belanda dan saat ini dipergunakan untuk melestarikan budaya sunda, makanya harus dikeloka dengan baik.

Heryawan menjelaskan, aset milik daerah dibagi dua, aset yang dipisahkan dan murni. APBD hanya bisa membiayai aset murni sedangkan aset yang dipisahkan seperti PD Jawi tidak bisa dibiayai APBD.

"Pengelolaan gedung Rumentang Siang milik PD Jawi bisa dipindahkan ke Pemprov Jabar jadi aset murni agar biaya pemeliharaan bisa dari APBD," ujar Heryawan. (tsm)


Sumber : Tribun Jabar

 
ProgramerArif Tirtana | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys